RSS Feed

PENGOLAHAN BIJI KAKAO

istilah-istilah
Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (The U.S. FDA telah menetapkan standard untuk mengidentifikasi berbagai jenis produk olahan kakao (21 Code of Federal Regulations Part 163). Standard tersebut menetapkan nama-nama dari produk olahan kakao termasuk juga jumlah atau kandungan bahan utama yang harus terdapat pada produk tersebut.

Cacao (kakao)
– ditetapkan oleh aturan FDA untuk menjelaskan biji kakao yang menjadi sumber atau bahan untuk coklat pasta (chocolate liquor), minyak coklat (cocoa butter), dan tepung coklat (cocoa powder).

Chocolate liquor (coklat pasta) – adalah dihasilkan dengan menggiling nib dari kakao (inti biji kakao) menjadi cairan yang halus, di Amerika coklat pasta kadang-kadang juga disebut coklat, atau coklat pahit, coklat masak, atau coklat tanpa gula. Sementara di Kanada dan Eropa dinamai coklat masa (cocoa liquor).

Cocoa butter (minyak coklat) – adalah kandungan minyak alami yang terdapat pada biji kakao. Kandungan minyak coklat pada biji coklat umunya berkisar antara 50 to 60%, dengan sisanya ampas yang tidak mengandung (sedikit) minyak.

Cocoa or cocoa powder (tepung coklat) – adalah produk yang dihasilkan dari ampas biji kakao yang telah diambil minyaknya yang kemudian digiling menjadi tepung yang halus.

Tabel flow proses diatas menunjukan proses apa saja yang harus dilakukan untuk mengolah biji kakao menjadi :1. Cocoa Liquor / cocoa mass (coklat pasta)
2. Cocoa Butter (Minyak Coklat)
3. Cocoa Powder (Tepung Coklat)Plant diatas umumnya untuk perusahaan-perusahaan pengolah biji kakao dengan skala besar yang kapasitasnya mampu memproses paling tidak 3~5 Tph biji kakao atau kira-kira 25.000 ton/tahun

PLANT PENGOLAHAN BIJI KAKAO SKALA KECIL
Perusahaan kami juga memproduksi plant pengolahan biji kakao skala kecil dengan kapasitas kira-kira 200~500 kg/jam biji kakao, plant seperti ini sangat cocok untuk home industri, koperasi, atau swadaya petani lokal yang ingin menolah biji kakaonya.Flow proses untuk pengolahan biji kakao skala kecil seperti berikut ini :
PLANT PENGOLAHAN BIJI KAKAO SKALA KECIL
Flow proses diatas menunjukkan bagaimana alur dari proses pengolahan biji kokoa menjadi coklat pasta (Cocoa Liquor / cocoa mass)Plant tersebut dilengkapi dengan :
1. Mesin Pengering
2. Mesin Pemisah Nib dan Kulit
3. Mesin Penggarangan
4. Mesin Giling
5. Transport seperti       : a. Screw Conveyor
b. Bucket Elevator
c. Pompa + Pemipaan
d. Tempat Bahan Baku
e. Pipa Ducting dan Blower

http://www.deltatechma.com/kakao.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: